Membuat Aplikasi Entri Password dengan Percabangan if-else dan Perulangan while

Di dalam pemrograman, kita mengenal istilah percabangan (decision) dan perulangan (looping). Percabangan adalah fitur dari bahasa pemrogram yang digunakan untuk menguji/membandingkan suatu kondisi. Pada percabangan, program akan melakukan operasi logika atau perbandingan. Misalnya dalam membuat program entri password, program akan menguji/membandingkan password yang dimasukkan oleh user dengan password yang benar. Salah satu percabangan yang bisa digunakan dalam C++ adalah if-else.

Format if-else

Format pengulangan if-else adalah sebagai berikut.

Perulangan while fungsinya adalah untuk mengulang jalannya program yang berada di dalam blok while. Untuk lebih jelasnya dapat dipelajari dari contoh program berikut ini.

Pada contoh berikut, kita akan membuat sebuah program yang mampu menguji password apakah benar atau salah serta mengulang pertanyaan password jika passwordnya tidak benar. Kode programnya adalah seperti berikut.

Penjelasan Sintaks
  • Baris ke-15: while(1) fungsinya adalah agar program mengulang pertanyaan password jika user memasukkan password yang salah. Perulangan ini akan berhenti di saat user memasukkan password yang benar.
  • Baris ke-20: break; adalah sintaks untuk menghentikan perulangan while dan program akan melompat ke blok selanjutnya. Dalam hal ini, break ditempatkan di dalam blok if yang berkondisi benar sehingga saat user memasukkan password yang benar, maka pengulangan akan terhenti.
  • Baris ke-18: if(kataKunci="Informatika") ini merupakan kondisi if yang membandingkan antara password yang dimasukkan user dengan password yang benar, yaitu "Informatika". Jika password yang dimasukkan benar, maka program akan menjalankan perintah di bawah blok if, yaitu cout<<"Selamat datang Bos";
  • Baris ke-21: else. Jika kondisi if tidak terpenuhi, artinya jika password tidak sama dengan "Informatika", maka program akan menjalankan perintah yang berada di dalam blok else, yaitu cout<<"Akses ditolak\n";
  • Untuk penjelasan sintaks lainnya, dapat dibaca pada posting sebelumnya tentang "Membuat Aplikasi Kalkulator Luas Persegi Panjang".
Setelah dieksekusi, program di atas akan menghasilkan output sebagai berikut.

Related Posts

Posting Komentar