Percabangan Lanjutan (if/else/if) dan switch/case

Materi berikut ini merupakan bagian dari pembahasan tentang struktur kontrol pada pemrogram. 

"Struktur kontrol adalah blok pemrograman yang menganalisis variabel dan memilih arah yang didasarkan pada parameter yang diberikan."
(Heru Suliastono: https://herusuliastomo.gitbook.io)

Di dalam pemrograman, kita mengenal ada beberapa struktur kontrol, di antaranya adalah percabangan (decision) dan perulangan (looping).

Percabangan if/else/if
Salah satu struktur kontrol percabangan yang sudah kita bahas pada posting sebelumnya adalah if/else. Percabangan if/else dapat diterapkan pada percabangan yang hanya memiliki dua nilai yaitu benar dan salah. Jika suatu pernyataan terpenuhi, maka program akan mengeksekusi statement yang berada di dalam blok if. Sebaliknya, jika kondisi if tidak terpenuhi, atau memiliki nilai salah, maka program akan mengeksekusi statement yang berada di dalam blok else.

Untuk percabangan yang memiliki beberapa kondisi if, maka kita bisa menggunakan if/else/if. Berikut ini akan diberikan sebuah contoh sintaks yang menerapkan percabangan if/else/if. 

Baris ke-14 s.d. baris ke-22 pada contoh coding di atas merupakan blok percabangan if/else/if.
  • Jika user mengetik angka 1, maka akan tampil tulisan yang berada di dalam blok if: "Anda memilih angka 1".
  • Jika user mengetik angka 2, maka akan tampil tulisan yang berada di dalam blok else if:  "Anda memilih angka 2".
  • Jika user mengetik angka 3, maka akan tampil tulisan yang berada di dalam blok else if:  "Anda memilih angka 3".
  • Jika user mengetik selain dari tiga kondisi di atas, bukan angka 1, 2, maupun 3, maka akan tampil tulisan yang berada di dalam blok else: "Pilihan tidak tersedia".
Percabangan Switch/Case
Selain menggunakan if/else/if, struktur percabangan di atas juga bisa dinyatakan dalam switch/case. Bisa dikatakan bahwa witch/case adalah alternatif lain dari if/else/if. Perhatikan contoh berikut ini yang merupakan bentuk lain percabangan dari if/else/if di atas.
Baris ke-14 s.d. 26 merupakan blok witch/case. Kedua sintaks di atas, baik if/else/if maupun switch/case akan menghasilkan output program yang sama seperti berikut ini.
Demikianlah pembahasan tentang struktur percabangan if/else/if dan switch/case. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts

Posting Komentar