Membuat Aplikasi Kalkulator Luas Persegi Panjang dengan C++

Posting ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya, "Pemrograman C++ Menggunakan Dcoder". Pada tulisan kali ini, saya akan mencontohkan coding aplikasi kalkulator sederhana untuk menentukan luas persegi panjang.

Sebelum kita memulai, kamu diharapkan sudah membaca materi yang berjudul "Variabel dan Tipe Data" yang telah diposting sebelumnya. Dalam membuat aplikasi luas persegi panjang berikut ini, kita akan menggunakan beberapa varibel dengan tipe data double.

Baiklah. Langsung saja kita mulai. Pertama-tama, jalankanlah terlebih dahulu aplikasi Dcoder pada smartphone. Jika kamu menggunakan Personal Computer (PC), kamu bisa menggunakan Dev C++, Borland C++ atau IDE lainnya.

Selanjutnya, salinlah sintaks berikut ini untuk membuat aplikasi luas persegi panjang. Pada contoh berikut, saya menggunakan aplikasi Dcoder sebagai IDE (Integrated Development Environment).

Penjelasan Sintaks

  • Pada baris ke-1, #include<iostream> merupakan sintaks untuk memasukkan library yang bernama iostream ke dalam program kita. Library ini diperlukan agar program yang kita buat bisa menerima input dan output data.
  • Baris ke-3: using namespace std; sitaks ini berfungsi untuk memberi tahu compiler bahwa kita akan menggunakan semua fungsi/class/file yang terdapat di dalam namespace std, seperti cout (character output) dan cin (character input) yang digunakan untuk menampilkan output dan menerima input pada program.
  • Baris ke-5: int main() merupakan deklarasi function utama yang bernama main. Pada function inilah kita menempatkan kode program utama.
  • Baris ke-6: { tanda kurung kurawal di sini adalah penanda awal dari blok function main. Pasangan tanda kurung kurawal tersebut ada di baris ke-27 berupa kurung kurawal penutup } sebagai akhir dari blok fuction.
  • Baris ke-7: double panjang,lebat,luas; adalah deklarasi variabel yang bernama panjang, lebar, dan luas dengan tipe data bilangan riil (double). Deklarasi ini dibutuhkan agar compiler mengenali variabel yang kita gunakan pada program.
  • Baris ke-9 s.d. 16: cout merupakan sintaks yang digunakan untuk menampilkan output berupa teks di layar. Setiap cout harus diikuti oleh tanda << (insertion). Selain itu, teks yang akan ditampilkan juga diapit oleh tanda kutip " ". 
  • Baris ke-17: cin>>panjang gunanya adalah untuk menampung input data yang akan disimpan pada variabel panjang. Setiap cin harus diikuti oleh tanda >>.
  • Baris ke-19: cin>>lebar merupakan sintaks untuk menerima input data lebar persegi panjang yang disimpan pada variabel l.
  • Baris ke-20: luas=panjang*lebar; merupakan rumus yang digunakan untuk menentukan luas persegi panjang berdasarkan data yang telah dimasukkan oleh user.
  • Baris ke-21: cout<<"Luas = "<<luas; merupakan sintaks yang digunakan untuk menampilkan kata "Luas =" beserta nilai luas persegi panjang yang telah diproses dan tersimpan di dalam variabel luas.
  • Baris ke-26: return 0; merupakan sintaks untuk mengembalikan nilai pada function utama (main).
  • Tanda ; (semicolon) digunakan di akhir sintaks setiap baris program.
  • Kode \n (new line) yang terdapat pada cout digunakan agar teks berikutnya pindah ke baris baru. Tanda ini juga bisa digunakan untuk memberi baris kosong.
Berdasarkan kode program yang dicontohkan di atas, maka akan dihasilkan output program kalkulator luas persegi panjang seperti tampilan berikut ini.

Demikianlah contoh program C++ sederhana ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts

Posting Komentar