Mengubah Template/Tema Blog

55 komentar
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap kali kita berkunjug ke sebuah blog, yang pertama kali kita lihat adalah tampilan blognya, bagaimana pemilihan gambar pada header, warna latar dan font yang digunakan dsb. Pengunjung akan merasa betah membaca konten di blog jika tampilan blog terlihat menarik dan membuat nyaman pada mata saat membaca. Sebaliknya, penyajian yang tidak menarik, akan memberi kesan tidak nyaman sehingga pengunjung menjadi bosan dan tidak betah membaca konten blog kita.

Tampilan blog ini bisa kita atur dengan mudah melalui fitur template/tema. Inilah salah satu kemudahan dalam blogging dibandingkan dengan mengelola web profesional. Kita dengan mudah bisa memanfaatkan dan memilih template/tema sebuah blog tanpa harus repot-repot mengubah coding berupa skrip HTML.

Ada beberapa pilihan tema yang bisa kita gunakan untuk mempercantik tampilan blog kita. Kita bisa menggunakan tema yang sudah disediakan oleh Blogger atau pun memasang tema yang didapat dari luar Blogger yang telah dirancang para pengembang tema untuk diterapkan pada Blogger. Pada tutorial ini kita akan mencoba mengganti tema dengan memanfaatkan tema yang telah disediakan oleh Blogger.

Langsung saja, yuk simak langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama, tentunya kamu harus login terlebih dahulu melalui blogger.com dengan akun dan password blog kamu.
  2. Pada dashboard blogger, klik tombol garis-garis yang ada di sudut kiri atas sehingga tampil berbagai menu utama pengaturan blog kamu seperti yang ditunjuk pada gambar berikut ini.
  3. Setelah itu akan tampil menu utama untuk pengaturan blog. Sesuai dengan keperluan kita untuk mengubah template/tema, maka pilihlah menu tema.

  4. Berikutnya, akan ditampilkan tema yang sedang terpasang dan beberapa pilihan tema standar bawaan Blogger yang bisa digunakan pada blog kita.

  5. Pada laman ini, kamu bisa memilih tema yang kamu inginkan. Sebagai contoh, admin memilih tema dengan nama "Porcelain" seperti contoh berikut ini.

  6. Setelah memilih tema, maka akan tampil seperti gambar berikut ini.
    Pada langkah ini, kamu bisa langsung menggunakan tema yang dipilih dengan mengklik tombol Terapkan.
  7. Namun, jika kamu belum yakin dengan pilihan tema yang akan kamu pasang kamu bisa mengklik tombol Pratinjau untuk melihat bagaimana tampilan blog kamu dengan tema yang baru sebelum memasangnya.
    Pada fitur pratinjau ini, kamu bisa melihat berbagai tampilan yang disesuaikan dengan jenis gadget yang digunakan oleh pengunjung saat mengakses blog kamu, seperti PC, tablet atau pun smartphone
  8. Jika tema yang sedang diuji terasa cocok untuk diterapkan di blog kamu, maka klik tombol Terapkan. Sebaliknya jika tidak terlihat cocok, maka kamu bisa batalkan dan pilih tema yang lain.
  9. Terakhir setelah memilih dan mengganti tema, kamu bisa melihat tampilan blog kamu yang baru. Caranya klik tombol garis-garis di sudut kiri atas, kemudian klik menu Lihat Blog.

  10. Nah, beginilah tampilan blog yang baru setelah proses penggantian tema.
Demikianlah tutorial mengganti tema/template blog kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, saran dan masukan, silakan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih.

Related Posts

55 komentar

Nadzira Amrullah mengatakan…
Sangat bermanfaat
Anonim mengatakan…
ありがとうございます…せんせい
Apin Surur mengatakan…
Blog yg sangat bagus pack, sangat bermanfaat
Anonim mengatakan…
blognya sangat bagus pack, xixixi
Daffa Haikal Habibi mengatakan…
Makasih atas informasinya pak, in sangat bermanfaat
Annisa Ranianda Husni mengatakan…
Gitu caranya pak, makasih infonya pak🙏
Annisa Ranianda Husni mengatakan…
Makasih infonya pak
Naylatul Azyzah mengatakan…
Terima kasih infonya pak , sangat bermanfaat , teruskan pak 👍😃
Dini Auliya Rahmah mengatakan…
Terimakasih informasinya pak, dini mau bertanya pak,misalnya kita sudah memilih salah satu tema yang tercantum pak,tapi warnanya mau di ubah pak dengan warna yang lain selain yang di pilih pak,Apakah bisa kita mengubah warna temanya pak,terimakasih pak
Syifa Alfi Zahrah mengatakan…
Terima pak atas ilmu nya...🙏
Pak apakah gambar latar belakangnya bisa diubah dengan gambar yang kita inginkan pak?
Saskia Putri Hanifa mengatakan…
sudah dicoba nih pak, dan bisa pak, blog Saskia jadi bagus pak. lalu Saskia juga menemukan kalau kita bisa bikin sendiri pak. terima kasih pak🙏
Dini Auliya Rahmah mengatakan…
Terima kasih informasinya pak,dini izin betanya ya pak,Apakah bisa kita mengubah warna dan gambar dari tema yang sudah kita pilih,pak? Bagaimana caranya ya pak?Terimakasih pak.
Adinda Putri Yesika mengatakan…
mau nanya nih pak, temanya berpengaruh ke semua blog atau satu blog aja pak? Terimakasih infonya pak, semangat berkarya pak!! 🙏💪
Adinda Putri Yesika mengatakan…
mau nanya nih pak, temanya berpengaruh ke semua blog atau hanya satu blog saja pak? Terimakasih infonya pak, semangat berkarya pak!! 🙏💪
Anonim mengatakan…
Hal ini sangat membantu dalam membuat blog.Terima kasih atas informasinya
Razy de averroes mengatakan…
Makasih info nya pak... sangat membantu
Najla Izzati Hamdi mengatakan…
Terima kasih pak, sudah saya coba pak.. 🙏🏻
Indra Sentosa mengatakan…
Dini & Syifa, warna latar dan gambar pada header blog bisa diganti sesuai keinginan. Caranya, pada langkah ke-4 pada tutorial di atas, klik tombol "Sesuaikan". Selanjutnya sesuaikan warna latar dan gambar header sesuai yang kamu mau.
Farras Nasywa Irsan mengatakan…
Terimakasih info Nya pak 🙏
Pak apakah temanya juga berpengaruh pada tulisannya pak??
Najla Izzati Hamdi mengatakan…
Terima kasih pak, sudah saya coba pak... 🙏🏻
M.Hans Nafis mengatakan…
Assalamualaikum Pak.Hans mau tanya Pak.Bisa ngak Pak,mengambil tema untuk blog Hans dari galeri Pak ? Terima kasih Pak 🙏🏻
Haifa Azzahra mengatakan…
Terimakasih infonya pak,,sudah di coba dan berhasil pak,:)
Izzatul Alya Anwar mengatakan…
Wah, alya udah ubah tema di blog alya pak, tapi baru tau kalau temanya bisa di ubah kembali, terima kasih infonya pak, hehe
Hadi mengatakan…
Terimakasih informasinya pak... Tadi sudah dicobakan Alhamdulillah berhasil pak.. tapi Hadi mau nanya pak, apakah bisa kita membuat template berbeda beda dalam 1 blog pak? Misal nya dipostingan 1 template nya berbeda dengan postingan kedua.. atau template ini hanya untuk 1 blog.. terimakasih pak
M.Hans Nafis mengatakan…
Pak,bisa ngak Pak menerapkan tema pada blog dengan foto di galeri Pak ? Terima kasih Pak
Indra Sentosa mengatakan…
Adinda Putri Yesika, mungkin yang dimaksud adakah "Apakah tema berpengaruh ke semua posting" ya? Satu tema yang dipasang ke sebuah blog, akan diterapkan ke semua posting yang ada di blog tsb.

Giovani, kamu bisa memakai tema yg sudah disediakan Blogger atau tema yang dikembangkan oleh pihak ketiga untuk Blogger. Jika mau, kamu juga bisa membuat tema versi kamu sendiri yang mendukung pemasangan di Blogger.
Hadi mengatakan…
Terimakasih informasinya pak... Tadi sudah dicobakan Alhamdulillah berhasil pak.. tapi Hadi mau nanya pak, apakah bisa kita membuat template berbeda beda dalam 1 blog pak? Misal nya dipostingan 1 template nya berbeda dengan postingan kedua.. atau template ini hanya untuk 1 blog.. terimakasih pak.
Izzatul Alya Anwar mengatakan…
Wah pak, alya udah ubah tema blog waktu awal awal membuat blog, alya kira temanya tetap, tapi baru tau kalau temanya bisa diubah lagi, makasih infonya pak, hehe
Indra Sentosa mengatakan…
Farras, tema juga akan mempengaruhi jenis font pada tulisan. Tapi pada umumnya font-nya masih standar jadi perubahannya tidak terlalu signifikan.

Hans, header, gambar bagian atas blog bisa diganti dengan foto yg ada di galeri kita sendiri. Caranya, pada langkah 4 tutorian di atas, klik "Sesuaikan". Kemudian klik ganti gambar pada bagian header. Klik "Upload" untuk memasukkan gambar dari galeri.

Hadi, 1 tema berlaku untuk semua posting di blog. Kecuali memang dirancang oleh pengembang tema agar berbeda-beda di setiap posting.
Unknown mengatakan…
Terima kasih pak informasinya, saya sudah coba dan alhamdulillah saya bisa mengubah tema pada blog saya. Tapi saya ada pertanyaan pak, apakah bisa gambar/foto kita di galeri dijadikan sebagai tema pak?
Hafiz rauf hafizan mengatakan…
Bagus banget.Tapi ada yang mau saya tanyakan, apakah kita dapat memasukan designyang kita buat sendiri ke tema blog pak?
Afif Ayunda mengatakan…
Saya sudah coba di blog saya pak dan blog saya sudah lebih bagus dari sebelumnya terima kasih infonya pak
Indra Sentosa mengatakan…
Hafiz, jika yang dimaksud adalah mengubah isi posting yang telah dibuat, caranya masuk ke akun blog, klik posting yang akan diubah. Jika yang dimaksud adalah mengubah font (model huruf), maka bisa dilakukan dengan memanfaatkan ikon/menu yang berhubungan dengan font pada laman edit/pengerikan posting.

Untuk gambar header rancangan sendiri, bisa. Caranya saat mengganti template, klik tombol "Sesuaikan", pilih menu ganti gambar, kemudian upload file dari PC atau pun smartphone.
Nabigh Rafif Faisal mengatakan…
Makasih pak udah saya coba, tapi saya mau tanya pak apakah tema untuk blog kita bisa sesuai dengan gambar di galeri pak.. terima kasih pak
Mutiara Donita mengatakan…
Makasih pak, infonya, skrg jadi gak ragu lagi buat bikin tamplate yang baru
Naylatul Azyzah mengatakan…
Pak bagaimana cara mengatasi tema yang tidak tertera pada dashboard pak ? , tetapi jika di tekan lihat blog tertera tema yang di gunakan pak
Indah Assyifa Qalbi mengatakan…
Terima kasih infonya ya pak,indah jadi mengerti cara mengubah tema dan sudah indah terapkan juga pada blog indah,semangat terus pak.
Fatimah az-zahra mengatakan…
Setelah saya coba Alhamdulillah bisa pak...tapi saya mau tanya pak klw udh di ubah temanya, bisa gak font nya diubah pak?
Makasih pak
Putri Raudhatul Jannah mengatakan…
Terimakasih informasinya pak... Setelah membaca dan memahami isi blog ini, Putri menjadi lebih paham bagaimana cara mengganti tema yang dapat disesuaikan dengan keiinginan kita.
AnielaFairuzAisha mengatakan…
Informasinya sangat bermanfaat,karena ada beberapa orang yg belum mengetahui bagaimana cara mengubah tema blog termasuk saya,dan barusan saya sudah mencoba nya dan alhamdulillah berhasil saya menjadi lebih paham bagaima mengubah tema blog,semangat terus pak
Nasyfa ramadhani mengatakan…
Terimakasih informasinya pak.tapi,nasyfa ingin bertanya pak,apakah kita bisa membuat tema sendiri untuk blog kita pak dan bagaimana cara menambahkan gambar/foto dipostingan kita pak??
Nurul Alifa Adhwa mengatakan…
Informasi yang sangat bermangaat pak, Sudah saya coba dan berhasil pak, sekarang blog saya jadi lebih bagus. Dan saya sekarang sudah mengerti cara mengubah tema pada blog, terimakasih pak.
ALVIN VALENCIA DELSON mengatakan…
Izin mau nanya pak, temanya bisa kita kreasikan sendiri atau hanya bisa memilih tema yang sudah disediakan pak?
Verly tsaniya ramadhani mengatakan…
Informasinya sangat bermanfaat.membuat blog kita jadi lebih bagus. Dan saya sudah mengerti, terima kasih pak
Raffif Auzan mengatakan…
Terima kasih informasinya pak, tapi saya mau tanya pak kalau memjadikan tema dari gambar yg kita buat sendiri itu bisa pak??
Anonim mengatakan…
Terimakasih infonya pak, sangat berma
Syifa el Husni mengatakan…
Terimakasih informasinya pak,,
Dan saya sudah mulai mengerti pak,,
Sangat bermanfaat pak
syifa nur azizah mengatakan…
Makasih infonya pak, bermanfaat sekali
Nduy mengatakan…
Makasih infonya pak,sangat bermanfaat. Apalagi ditambah dengan giveaway kfc kloter 2 pak.
Terimakasih pak infonya,sangat bermanfaat dan membuat blog kita menjadi semakin bagus.
NADYA FAYYAZA mengatakan…
Sudah saya coba pak.
Alhamdulillah bisa pak.
Terimakasih infonya pak, sangat bermanfaat^^
Mantap,ilmu pengetahuan dan Terima kasih pak
Khaira Habibi mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Khaira Habibi mengatakan…
Waah,dapat ilmu baru lagi nih.Terima kasih pak!
Dinda adwhaa syahbila mengatakan…
Terima kasih pak atas informasi nya... Alhamdulillah dengan informasi ini blog kita semakin menarik dan tidak bosan ketika membaca nya🙏