Tips Belajar Daring di Masa Pandemi

2 komentar

Bagi sebagian siswa, belajar jarak jauh merupakan hal yang membosankan dan menjadi beban akibat tugas-tugas yang menumpuk. Tidak sedikit siswa mengeluhkan berbagai permasalahan yang dirasakan selama belajar di rumah. Bahkan banyak beredar meme di Internet berupa sindiran kegiatan belajar di rumah yang terkesan menyudutkan pihak sekolah.

Namun, sebenarnya pembelajaran jarak jauh melalui jaringan (daring) akan memberikan pengalaman belajar tersendiri bahkan bisa membuat siswa lebih mandiri jika mereka mengetahui triknya. Di sini lah inti dari pembelajaran era modern, siswa adalah aktor utama sementara guru hanyalah sebagai falisilitator dan pemberi motivasi yang mendorong siswa agar belajar sesuai kemampuan mereka.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lalukan sebagai siswa agar belajar di rumah menjadi lebih efektif dan membuahkan hasil.

  1. Bangunlah setiap pagi layaknya Anda akan pergi ke sekolah. Persiapkan segala sesuatunya, mandi pagi, sarapan, dsb. harus tetap dilakukan seperti hari-hari sekolah biasanya. Bangun dan mandi pagi akan membuat badan dan fikiran menjadi segar dan penuh semangat. Sarapan dengan nutrisi yang cukup, akan memberi energi sehingga Anda siap mengikuti pembelajaran di pagi hari sampai siang dengan optimal.
  2. Duduklah di ruang belajar yang jauh dari gangguan anggota keluarga lainnya seperti suara adik-adik yang sedang bermain atau suara televisi di ruang tamu. Anda butuh ruangan yang nyaman dan terhindar dari berbagai keributan yang mengganggu, misalnya di kamar pribadi. Ingat, Anda sedang belajar di masa pandemi, bukan sedang liburan di rumah.
  3. Sediakan makanan ringan dan minuman yang bisa Anda nikmati selama belajar. Belajar di rumah semestinya harus rileks, tak seperti belajar di dalam kelas konvensional. Pikiran yang rileks akan memicu kinerja otak agar lebih baik dalam menyerap materi pembelajaran.
  4. Isilah daftar hadir online yang disediakan guru. Dengan mengisi daftar hadir tepat waktu, Anda akan merasa lebih bertanggung jawab untuk mengikuti pembelajaran hari ini.
  5. Ikuti jadwal pelajaran sebagaimana yang telah ditetapkan pihak sekolah. Biasanya setiap sekolah memberikan jadwal belajar yang telah disesuaikan dengan keadaan saat ini dengan pembatasan mata pelajaran dan durasi jam pelajaran. Rata-rata pukul 7.30 s.d. 12.00 adalah jadwal belajar yang ideal dialokasikan sekolah di masa pandemi ini. Tugas Anda hanya mengikuti jadwal tersebut agar kegiatan belajar lebih teratur dan terstruktur.
  6. Kerjakanlah setiap tugas atau materi yang diberikan guru tepat pada jadwalnya. Jangan pernah menunda satu tugas pun dengan alasan batas waktu pengumpulan yang masih lama. Sekali Anda menunda, maka Anda telah memberi peluang pada diri Anda untuk menjadi malas mengerjakannya di kemudian hari. Hal ini juga lah yang akan memberikan kesan bahwa belajar jarak jauh penuh dengan tumpukan tugas-tugas.
  7. Gunakan gadget hanya sebatas keperluan pembelajaran dan komunikasi dengan pihak sekolah. Gunakanlah gadget untuk browsing kepustakaan di Internet, namun jangan tergiur dengan aplikasi game online yang biasa Anda gunakan. Awasi diri Anda sendiri agar tidak bermain game selama jadwal belajar.
  8. Segera hubungi guru atau berdiskusi dengan teman melalui media komunikasi yang ada jika Anda benar-benar terbentur pada suatu materi. Jangan biarkan persoalan ini tertunda tak terpecahkan hingga berlarut-larut.
  9. Ikuti kegiatan pembelajaran daring seperti video converence yang diadakan guru dengan penuh perhatian dan keseriusan. Jangan sampai ada kegiatan video converence yang Anda lewatkan agar Anda tidak ketinggalan materi pembelajaran.
  10. Jika waktu belajar Anda sudah berakhir, istirahatlah. Jangan terus-terusan menyendiri di kamar dengan pelajaran atau gadget Anda. Saatnya Anda kembali bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya layaknya Anda telah pulang dari sekolah.
  11. Pada malam harinya, persiapkan kembali buku-buku dan bahan belajar untuk esok hari serta tidurlah sebelum pukul 22.00 agar Anda bisa bagun lebih awal besok pagi.
Sekian dulu tips belajar daring versi admin. Mungkin di antara Anda ada yang perlu penyesuaian, tergantung pada gaya belajar masing-masing. Namun hal yang paling penting adalah kedisiplinan terhadap diri sendiri. Semoga sukses.

Related Posts

2 komentar

terihap mengatakan…
Mantap, Pak. Sangat membantu ( ╹▽╹ ). Sangat setuju bahwa esensi pendidikan yang sebenarnya adalah menemukan pengetahuan itu sendiri, dan guru berperan sebagai fasilitator.
Indra Sentosa mengatakan…
Terihap, benar sekali. Justru pembelajaran daring saat ini sangat memicu siswa untuk menemukan pengetahuan sendiri seperti yang kamu bilang.