EMIS dan Latitude Longitude

3 komentar

EMIS (Education Management Information System) merupakan aplikasi manajemen informasi pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama RI. EMIS menghimpun segala data yang berhubungan dengan lembaga (madrasah), data personal guru dan pegawai serta data peserta didik.

Sebagai aplikasi manajemen informasi pendidikan, EMIS menampung berbagai data personal peserta didik yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan oleh pemerintah di bidang pendidikan, khususnya madrasah.

Untuk menjawab kebutuhan data dan informasi, setiap tahun EMIS terus mengembangkan database-nya sesuai dengan kebutuhan manajemen yang berlaku. Salah satu data yang dibutuhkan pada EMIS versi terbaru adalah adanya permintaan data titik koordinat tempat tinggal peserta didik berupa Latitude (garis lintang) dan Longitude (garis bujur).

Latitude dan Longitude adalah suatu sistem koordinat geografis yang digunakan untuk menentukan lokasi suatu tempat di permukaan bumi.

Dengan adanya dukungan teknologi informasi yang tengah melaju pesat, penentuan Latitude dan Longitude dapat dengan mudah diketahui. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi "Latitude Longitude" yang bisa diunduh dari Playstore bagi pengguna Android.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengetahui Latitude dan Longitude dengan aplikasi.

  1. Buka aplikasi Playstore di smartphone Anda untuk mengunduh aplikasi Latitude Longitude bagi yang belum terinstal sebelumnya.
  2. Ketikkan nama aplikasi "Latitude Longitude" pada kotak pencarian di bagian kiri atas sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.
  3. Selanjutnya sentuh/klik aplikasi Latitude Longitude yang akan dipasang seperti yang terlihat pada gambar di atas sehingga Anda diarahkan pada tombol instal seperti pada gambar berikut.

  4. Setelah menekan tombol Install, maka tunggu proses instalasi selesai hingga aplikasi siap digunakan.
  5. Kemudian sentuh/klik tombol Open seperti tampilan pada gambar berikut ini.

  6. Selanjutnya beri hak akses aplikasi untuk mengakses lokasi perangkat Anda dengan cara menekan "Allow Latitude ......"

  7. Setelah aplikasi Latitude Longitude ini dijalankan, maka alamat beserta titik koodinat tempat Anda berada saat ini akan tampil seperti pada gambar berikut ini.

  8. Untuk kebutuhan data peserta didik dalam melengkapi permintaan data EMIS, Anda dapat menyalin angka yang tertera sebagai Latitude dan Longitude yang ditampilkan aplikasi seperti pada contoh gambar di atas yaitu Latitude:-0.26017, Longitude:100.37874
Demikian dulu perkenalan singkat tentang EMIS dan tutorial menentukan Latitude dan Longitude kali ini. Semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, masukan dan saran silakan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih.

Related Posts

3 komentar

Janifan Christy mengatakan…
Semoga dengan adanya Pengembangan teknologi dibidang Pendidikan khususnya Madrasah, mampu memberikan akses komunikasi antara Peserta didik yang ada di daerah maupun Pusat, sehingga dapat saling memberikan informasi terbaru, seiring dengan kemajuan teknologi. "Madrasah, Hebat - Bermartabat"
Indra Sentosa mengatakan…
Mantap sekali komennya Janifan Christy apalagi ditambah dengan slogan madrasah hebat bermartabat.
Rangga mengatakan…
Mantap bapaaq