Tips Belajar Bahasa Inggris

2 komentar

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa Internasional yang digunakan oleh hampir seluruh negara sebagai alat komunikasi lisan maupun tulisan. Bukan hanya negara Inggris dan Amerika saja, negara-negara Asia pun menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi Internasional.

Sebagai bagian dari penduduk dunia, negara Indonesia, sebagaimana negara-negara lainnya, menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib di setiap jenjang pendidikan menengah hingga pendidikan tinggi. Dengan adanya mata pelajaran bahasa Inggris, peserta didik sebagai generasi penerus diharapkan mampu berkomunikasi dengan dunia Internasional tanpa terkendala bahasa.

Namun bagi sebagian kita, belajar bahasa Inggris di pendidikan formal terkesan rumit dan padat akan materi. Tak heran jika bahasa asing yang satu ini menjadi salah satu mata pelajaran yang ditakuti oleh sebagian siswa. Mereka pun belum bisa merasakan manfaat langsung dari pembelajaran bahasa Inggris karena dalam keseharian, bahasa ini tetaplah menjadi bahasa asing di lingkungan masyarakat yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

Bagaimana pun juga, sesuatu yang rumit akan menjadi mudah dan justru menantang untuk dipelajari jika kita tahu trik dalam mempelajarinya.

Trik berikut ini dirangkum dari pengalaman pribadi admin dalam belajar bahasa Inggris yang dari awalnya tidak begitu senang dengan bahasa Inggris menjadi sangat tergila-gila untuk mempelajarinya.

Kuy! Langsung saja disimak ya.

  1. Pertama-tama, ubahlah pikiran Anda yang selama ini menganggap bahasa Inggris itu sulit. Ciptakan pikiran positif bahwa bahasa Inggris ini sangat mudah dan sangat mungkin untuk dikuasai. Setiap pikiran positif yang kita ciptakan akan mempengaruhi seluruh kinerja organ tubuh dan akan menumbuhkan semangat di dalam diri. Sebaliknya, jika Anda terus memupuk pikiran bahwa bahasa Inggris itu sulit, maka secara tidak sengaja kita telah melemahkan seluruh potensi yang ada di dalam diri. Ingat "We are what we think".
  2. Buatlah sebuah alasan mengapa Anda harus belajar bahasa Inggris. Misalnya, Anda ingin menguasai bahasa Inggris karena ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, atau Anda ingin bekerja di sebuah perusahaan Internasional yang menggunakan bahasa Inggris. Bahkan alasan sederhana seperti ingin menguasai bahasa Inggris agar bisa menonton film tanpa subtitle juga bisa menjadi alasan yang akan memicu Anda untuk lebih bersemangat dalam belajar bahasa Inggris.
  3. Mulailah kembali belajar dari nol. Bagi Anda yang telah lama belajar bahasa Inggris, namum belum mendapatkan esensi apa pun dari pembelajaran, saatnya Anda kembali ke titik awal. Pelajarilah bahasa Inggris dari nol, seperti menghafal urutan alfabet, a, b, c, d, dst. dalam pelafalan bahasa Inggris. Atau mulai berhitung, 1, 2, 3, 4, dst. dalam bahasa Inggris. Mengapa harus dari dasar? Alasannya, segala sesuatu yang dimulai dari nol akan menciptakan semangat baru dan keyakinan akan sukses tanpa dibayang-bayangi oleh kegagalan masa lalu. Ciee.. Move on. :)
  4. Hafalkan kosakata dasar secara bertahap. Jangan pernah memaksakan diri untuk menghafal kosakata yang sulit Anda pahami dan jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ingat! Lakukan secara bertahap.
  5. Pelajarilah tensis dan structure dasar dari bahasa Inggris. Bagi sebagian orang, memang tidak menyarankan untuk mempelajari structure terlalu serius karena akan membuat kita berpikir dalam mengucapkan rangkaian kata-kata. Namun, pengalaman admin sendiri, pemahaman dasar tentang tata bahasa sangat penting dilakukan di awal. Cukup dengan mempelajari 5 tenses dasar saja telah mampu membangun kemampuan awal dalam menyusun kalimat.
  6. Biasakan diri Anda membaca teks berbahasa Inggris setiap hari dengan suara lantang. Jangan pedulikan dengan pelafalan yang belum sempurna. Bahkan jangan pedulikan apa arti dari kata-kata yang Anda baca. Ini tujuannya untuk melatih lidah Anda menjadi "lidah bule" dan melatih telinga Anda mendengar bahasa Inggris meskipun dari suara sendiri.
  7. Mulailah membiasakan diri mendengar audio berbahasa Inggris. Berbagai accent dapat Anda dengarkan dari audio rekaman suara native speaker yang tersebar di Internet. Di antaranya adalah http://vioaspecialenglish.com untuk American English, http://bbclearningenglish.com untuk British English. Dengan melatih mendengar, telinga Anda akan semakin familiar dengan pelafalan yang benar dan pada gilirannya lidah Anda pun akan spontan mengikuti pelafalan yang benar tsb.
  8. Gunakan bahasa Inggris pada semua gawai (gadget) yang Anda miliki. Mulai dari bahasa pada ponsel, komputer, hingga bahasa di mesin ATM yang Anda gunakan saat bertransaksi, pilihlah bahasa Inggris.
  9. Jangan ragu-ragu praktikkan bahasa Inggris Anda dengan teman atau orang-orang sekitar Anda melalui pesan teks, chat WA, e-mail, dsb. Meskipun masih dalam tahap belajar, praktik inilah yang akan membuat bahasa Inggris Anda menjadi sempurna dan mendarah daging. Hehe. :)
  10. Beranikan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris, meskipun hanya sekedar mengucapkan "Hi. How are you?" dan "I love you" dalam percakapan sehari-hari. LOL.
  11. Buatlah sebuah catatan kosakata dan grammar yang Anda dapatkan selama melalui rangkaian langkah-langkah di atas. Anda tidak perlu mencatat semua kosakata yang Anda pelajari, cukup yang paling sering Anda jumpai saja. Lama-kelamaan perbendaharaan kata Anda akan terus bertambah. Masih ingat kan? "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit".
  12. Tepislah rasa malu berbahasa Inggris. Jangan pedulikan orang-orang yang menertawakan Anda dan mencemooh saat Anda berbicara. Percayalah, mereka mencemooh karena mereka hanya iri dengan kegigihan Anda. Lama kelamaan, mereka akan berhenti sendiri. "Iri? Bilang Bos." :)
Nah, itulah sebagian dari trik belajar bahasa Inggis yang bisa Anda terapkan mulai saat ini. Selamat mencoba.

Related Posts

2 komentar

Anonim mengatakan…
terimakasih atas informasinya. Yuk kunjungi https://walisongo.ac.id/ dan temukan jurusan impian anda